Tukang Renovasi Rumah

Lakukan 3 Perencanaan ini Sebelum Memilih Tukang Renovasi Rumah

Tukang Renovasi Rumah

Skala renovasi rumah memang tidak sebesar membangun rumah dari nol, namun proyek ini tetap akan menguras tenaga dan pikiran. Apalagi jika renovasi rumah dilakukan tanpa perencanaan yang baik, maka akan membuat proyek berlangsung lama dan menyebabkan anggaran membengkak. Itulah mengapa, diperlukan tukang renovasi rumah untuk menjamin proses renovasi rumah Anda.

Perencanaan Renovasi Rumah

Sebelum melakukan renovasi rumah, alangkah lebih baik jika Anda memahami perencanaan perbaikan rumah itu sendiri. Bagi Anda yang masih bingung dalam membuat perencanaan, ikutilah langkah-langkah perencanaan renovasi rumah berikut:

  1. Kenali mana bagian bangunan yang rusak

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenal atau mengetahui mana bagian rumah yang rusak dan perlu perbaikan. Lihat dengan saksama bagian bangunan yang rusak, tidak dapat berfungsi dengan baik hingga desain yang sudah usang. Nah, dengan mengenali bagian rumah, Anda bisa menentukan bagian-bagian yang akan direnovasi.

  1. Buat daftar perencanaan

Berdasarkan hasil observasi rumah, Anda bisa membuat daftar perencanaan renovasi. Seperti yang diketahui, renovasi rumah membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, dengan membuat daftar rencana artinya Anda bisa memperkirakan besarnya anggaran yang dibutuhkan. Misalnya, terdapat beberapa ruangan yang atapnya bocor, sehingga harus lebih dulu direnovasi. Usahakan saat akan renovasi, pilihlah bagian bangunan yang mengalami kerusakan paling krusial.

  1. Buat desain renovasi

Sebenarnya desain rumah tidak hanya diperlukan saat akan membangun rumah, melainkan juga saat renovasi rumah terutama bagi Anda yang ingin melakukan renovasi berskala menengah hingga besar. Terlepas dari Anda yang bukan ahli dalam bidang desain, tidak ada salahnya jika Anda membuat sketsa sederhana untuk ditunjukkan kepada tukang renovasi rumah.

Bagi Anda yang ingin menghemat biaya, pilihlah desain minimalis dan tidak terlalu rumit. Karena desain yang rumit sudah pasti membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama dan membutuhkan anggaran lebih banyak pula.

Tips Jitu Memilih Tukang Renovasi Rumah

Setelah membuat perencanaan renovasi, kini waktunya Anda mencari Jasa renovasi rumah. Di bawah ini tipsnya:

  1. Pilihlah jasa renovasi rumah yang berlisensi

Surat izin atau lisensi diterbitkan dengan banyak persyaratan dan seleksi untuk memastikan kelayakannya. Lisensi dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Selain, memastikan penyedia tukang renovasi memiliki lisensi, pastikan juga kontak, alamat kantornya jelas dan mempunyai website resmi yang menampilkan profil perusahaan.

  1. Cek portofolio yang pernah dikerjakan oleh penyedia jasa

Portofolio menjadi bukti kinerja suatu jasa renovasi. Jika memungkinkan Anda bisa datang langsung ke proyek yang mereka kerjakan. Selain itu, Anda juga dapat bertanya ke pemilik rumah mengenai tukang renovasi rumah yang mereka gunakan. Testimoni ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan baik tidaknya sebuah jasa renovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *